Kamis, 26 November 2009

Kalender Suku Maya


Kalender Suku Maya sebenarnya tidak satu kalender yang digunakan Barat untuk referensi hari ini. Itu sebenarnya sistem yang kompleks beberapa kalender digunakan bersama-sama. Dua kalender yang digunakan bersama adalah Tzolk'in dan Haab. Tzolk'in kalender yang terdiri dari 260 hari. The Haab terdiri dari 365 hari. Pemanfaatan gabungan kalender ini menciptakan siklus dari 52 Haabs (52 tahun) dan disebut sebagai Kalender Bundar. Siklus kecil dari 13 hari (Trecena) dan 20 hari (veintena) ada juga.

Kalender lain yang digunakan untuk melacak waktu yang cukup lama ini disebut sebagai Long Count. Kalender ini digunakan untuk melacak tanggal relatif terhadap satu sama lain pada skala linear dan menggunakan sistem desimal numerik untuk merekam tanggal. Sebagai contoh, Maya tanggal 21 Desember 2012 adalah 13.0.0.0.0. Menghitung panjang siklus disebut sebagai "Siklus Besar" berlangsung selama 5,125.36 tahun. Mengkorelasikan bahwa ke kalender Gregorian yang digunakan oleh kebanyakan orang di dunia hari ini, tanggal mulai saat ini menghitung panjang siklus adalah 11 Agustus 3.114 SM

Siklus menarik lainnya adalah presesi dari equinoxes berlangsung sekitar 26.000 tahun. Hitungan panjang 5.125 tahun adalah 1 / 5 dari siklus tersebut. 21 Desember 2012 menandai akhir Long Count dan Presesi Siklus. Sebuah kejadian astronomi menarik akan berlangsung hari itu. Matahari akan terlihat dalam hubungannya dengan titik persimpangan khatulistiwa galaksi dan Ekliptika yang oleh bangsa Maya disebut sebagai Pohon Suci. Karena ini adalah karena dilakukan pada titik balik matahari musim dingin, ini harus memberikan bukti jelas bahwa tepat hari akhir kalender Maya adalah 21 Desember 2012. Beberapa orang mengatakan 22 Desember nd, 23 atau bahkan tanggal lain. Namun, titik balik matahari adalah hari penting untuk bangsa Maya dan adalah logis untuk berpikir bahwa mereka akan menyimpulkan siklus kalender mereka pada hari ini, ditambah dengan fakta astronomi yang jarang terjadi ditetapkan berlangsung hari itu.

Secara keseluruhan, sistem kalender Maya adalah menakjubkan dan kompleks. Ini adalah sistem kalender paling akurat yang pernah diciptakan oleh siapa pun. Kompleksitas jauh melampaui kemampuan saya untuk menjelaskan sehingga saya telah membuat daftar link di bawah ini untuk bertindak sebagai sumber daya informasi yang sangat baik.lihat juga di:

http://en.wikipedia.org/wiki/Mayan_calendar

http://www.pauahtun.org/Calendar/

http://www.world-mysteries.com/sar_3.htm

http://webexhibits.org/calendars/calendar-mayan.html



1 komentar:

Galeri-Info mengatakan...

Wah gak lengkap,apa itu kalender long count,apa itu format 13.0.0.0.0,apa itu 13 baktun,apa itu kin,uinal,tun,katun...13 baktun brp hari...1 baktun adalah 144.000 hari,saya aja tau....sebenernya siklus 4 atau masa skrng akan berakhir pda 13 baktun atau 21 desember 2012,namun sebenernya suku maya mempunyai banyak inkripsi2 kuno yg menyatakan bahwa siklus 4 berakhir pada 20 baktun atau tahun 4772...masih ada banyak lgi sih tpi ckp sekian dri saya....
Mohon kalender suku mayanya diperlengkap agar orang awam yg baca bisa lebih tau lagi...^_^
salam terhangat terdahsyat untuk keluarga blogger indonesia...
By:http://galeri-info.blogspot.com
h4r1tz.f indonesian blogger
hf.4ri_co3ls@rocketmail.com